Technology

3/Technology/post-list

Karakteristik dan Klasifikasi Perangkat Lunak-service komputer majalengka

Karakteristik dan Klasifikasi Perangkat Lunak


Karakteristik Perangkat Lunak

Setiap pribadi menilai perangkat empuk secara berbeda. Ini sebab mereka tercebur dengan perangkat empuk dengan teknik yang berbeda. Misalnya, pemakai hendak perangkat empuk tampil cocok dengan keperluan mereka. Demikian pula, developer (developer) yang tercebur dalam perancangan, pengkodean, dan pemeliharaan perangkat empuk mengevaluasi perangkat empuk dengan melihat ciri khas internalnya, sebelum mengirimkannya ke pemakai. Karakteristik perangkat empuk dikelompokkan menjadi enam komponen utama.

Functionality: Mengacu pada tingkat kinerja perangkat empuk terhadap destinasi yang sudah ditentukan.

Reliability: Mengacu pada keterampilan perangkat empuk untuk meluangkan fungsionalitas yang diharapkan dalam situasi tertentu.

Usability: Mengacu pada sejauh mana perangkat empuk dapat dipakai dengan mudah.

Efficiency: Mengacu pada keterampilan perangkat empuk untuk memakai sumber daya sistem dengan teknik yang sangat efektif dan efisien.

Maintainability: Mengacu pada fasilitas modifikasi yang dapat dilaksanakan dalam sistem perangkat empuk untuk memperluas fungsinya, membetulkan kinerjanya, atau membetulkan kesalahannya.

Portability: Mengacu pada fasilitas pengembang perangkat empuk (software developer) mana yang bisa mentransfer perangkat empuk dari satu platform ke platform lainnya, tanpa (atau dengan minimum) perubahan. Secara sederhana, ini mengacu pada keterampilan perangkat empuk untuk bermanfaat dengan baik pada sekian banyak  platform perlengkapan keras (hardware) dan perangkat empuk (software) tanpa menciptakan perubahan apa juga di dalamnya.

Selain ciri khas yang dilafalkan di atas, robustness dan integrity pun penting. Robustness mengacu pada sejauh mana perangkat empuk dapat tetap bermanfaat meskipun dilengkapi data yang tidak valid sedangkan integrity mengacu pada sejauh mana akses yang tidak sah terhadap perangkat empuk atau data bisa dicegah.

Klasifikasi Perangkat Lunak

Perangkat empuk dapat diterapkan di sekian banyak  bidang laksana bisnis, pendidikan, sektor sosial, dan bidang lainnya. Ini dirancang supaya sesuai dengan sejumlah tujuan spesifik laksana pemrosesan data, berbagi informasi, komunikasi, dan sebagainya. Hal ini diklasifikasikan menurut sekian banyak  potensi aplikasi. Klasifikasi ini tertera di bawah ini.

System software: Kelas perangkat empuk ini mengelola dan mengendalikan operasi internal sistem komputer. Ini ialah sekelompok program yang bertanggung jawab untuk memakai sumber daya komputer secara tepat guna dan efektif. Misalnya, sistem operasi ialah system software, yang mengendalikan perlengkapan keras, mengelola faedah memori dan multitasking, dan beraksi sebagai antarmuka antara program software dan komputer.

Real-time aplikasi : Kelas perangkat empuk ini mengamati, menganalisa, dan mengendalikan kejadian dunia nyata ketika terjadi. Umumnya, sistem real-time memastikan respon terhadap peristiwa eksternal dalam jangka masa-masa tertentu. Sebagai misal perangkat empuk real-time (real-time software) ialah perangkat empuk yang dipakai untuk peramalan cuaca yang mengoleksi dan memproses parameter laksana suhu dan kelembaban dari lingkungan luar guna memperkirakan cuaca. Sebagian besar organisasi pertahanan di semua dunia memakai perangkat empuk real-time guna mengendalikan perlengkapan keras militer mereka.

Business aplikasi : Kelas perangkat empuk ini tidak sedikit digunakan di wilayah di mana pengelolaan dan pengendalian pekerjaan keuangan paling penting. Komponen mendasar dari sistem bisnis terdiri dari perangkat empuk penggajian, inventaris, dan akuntansi yang memungkinkan pemakai mengakses data yang relevan dari database. Kegiatan ini seringkali dilakukan dengan pertolongan perangkat empuk bisnis eksklusif yang memfasilitasi kerangka kerja yang tepat guna dalam operasi bisnis dan keputusan manajemen.

Engineering and scientific aplikasi : Kelas perangkat empuk ini telah hadir sebagai alat tolong yang ampuh dalam riset dan pengembangan teknologi generasi berikutnya. Aplikasi laksana studi mengenai benda langit, kegiatan di bawah permukaan, dan pemrograman jalur orbit guna angkutan luar antariksa sangat bergantung pada perangkat empuk teknik dan ilmiah. Perangkat empuk ini dirancang untuk mengerjakan perhitungan yang tepat terhadap data numerik perumahan yang didapatkan selama lingkungan real time.

Artificial intelligence (AI) aplikasi : Kelas perangkat empuk ini dipakai dimana teknik solusi masalah mempunyai sifat non-algoritmik. Solusi dari masalah itu umumnya tidak cocok dengan perhitungan atau analisis langsung. Sebaliknya, masalah ini membutuhkan strategi solusi masalah spesifik yang merangkum sistem pakar (expert system), pengenalan pola (pattern recognition), dan kiat bermain game (game-playing techniques). Di samping itu, mereka melibatkan sekian banyak  jenis teknik penelusuran yang merangkum pemakaian heuristik. Peran perangkat empuk kecerdasan produksi (AI software) ialah menambahkan tingkat kepintaran tertentu ke perlengkapan keras mekanis supaya pekerjaan yang diharapkan dilakukan dengan teknik yang tangkas.

Web-based aplikasi : Kelas perangkat empuk ini beraksi sebagai antarmuka antara pemakai dan Internet. Data di internet berupa teks, audio, atau bentuk video, yang dihubungkan dengan hyperlink. Web browser ialah perangkat empuk yang memungut halaman web dari Internet. Perangkat empuk ini menggabungkan instruksi eksekusi yang ditulis dalam bahasa script khusus laksana CGI atau ASP. Selain meluangkan navigasi di Web, perangkat empuk ini pun mendukung fitur ekstra yang bermanfaat saat berselancar di Internet.

Personal computer (PC) aplikasi : Kelas perangkat empuk ini dipakai untuk pemakaian resmi (official) dan individu (personal). Pasar perangkat empuk komputer individu telah berkembang dalam dua dasawarsa terakhir dari editor teks (text editor) biasa sampai pengolah kata (word processor) dan dari kuas sederhana sampai perangkat empuk editing gambar (image-editing software) tingkat lanjut. Ini telah hadir sebagai alat tolong serbaguna untuk software berkala.


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Definition List

header ads

Unordered List

3/Sports/post-list

Support

3/random/post-list