Technology

3/Technology/post-list

9 Cara Menginstal Bluetooth di Laptop Tanpa Ribet-service komputer kadipaten

9 Cara Menginstal Bluetooth di Laptop Tanpa Ribet


kursus komputer majalengka

Bluetooth ialah komponen yang urgen untuk pemakai laptop dan komputer. Fungsi bluetooth pada komputer dan laptop ialah untuk dapat mengirim atau menerima data serta mengalihkan data tanpa mesti menggunakan kabel data. Meskipun proses eksodus file lewat kabel data dapat dibilang paling cepat, namun tak setiap ketika kita menyiapkan kabel data. Belum lagi andai fitur ekspedisi data dengan USB handphone yang tiba-tiba tidak didukung oleh laptop. Oleh karnea itu, pemakaian bluetooth dapat lebih cepat diterapkan guna sistem ekspedisi data antar perlengkapan seperti ekspedisi file, dokumen, musik, film serta masih tidak sedikit lagi.

info terkait:
perlu diingatkan, bahwa tidak seluruh tipe laptop yang terdapat di pasaran dilengkapi dengan komponen bluetooth. Oleh sebab itu, pastikan laptop yang kita punya mempunyai fitur Bluetooth. Jika sudah dijamin tidak ada, maka Anda mesti menambahkan sendiri dengan memakai Bluetooth USB external yang ukurannya kini ini pun sangat kecil sampai tak mengganggu kegiatan kerja anda.
Pada kesempaan kali ini, kami akan membicarakan mengenai teknik instal bluetooth pada laptop yang dapat dilakukan secara cepat dan gampang. Cara-cara yang bakal kami sampaikan ini dapat diterapkan pada segala tipe laptop, baik tersebut laptop Acer, Asus, Lenovo, Axioo, Toshiba, dan laptop tipe lainnya yang terinstal Windows 7 ke atas. Jika Anda merasakan masalah dengan driver Bluetooth pada laptop Anda, misalnya masalah Bluetooth Peripheral Device, teknik menginstal pulang driver adalahsalah satu teknik mengatasi bluetooth peripheral device. Baiklah, inilah langkah-langkahnya:

1. Cek ketersediaan driver Bluetooth

Untuk dapat menghubungkan laptop memakai bluetooth, laptop Anda memerlukan driver yang kompatibel (cocok) dalam mengerjakan pengiriman data ke sekian banyak  perangkat, baik perlengkapan mobile dan komputer. Kadang, dalam mengerjakan instal driver yang tidak sesuai dengan perangkat, Windows kita akan menerbitkan pesan laksana gambar inilah ini :

Cara memahami apakah Bluetooth pada laptop Anda telah terinstal atau belum, dapat dilihat pada Device Manager. Jika pada unsur Bluetooth Radios terdapat perlengkapan bertuliskan “Bluetooth Module” dan “Microsoft Bluetooth Enumerator”, dengan kata lain driver Bluetooth pada laptop kita belum terinstal. Meskipun sebetulnya Windows telah meluangkan driver default, tetapi driver ini tidak dapat digunakan guna transfer data.

Begitupun andai Anda menyaksikan bagian Network Adapters. Jika terdapat perlengkapan bertuliskan “Bluetooth Device (xxx)”, maka dengan kata lain driver Bluetooth laptop kita belum terinstal. Mengapa kok perlengkapan bluetooth dapat terdeteksi sebagai perlengkapan jaringan? Karena Bluetooth pun mempunyai fitur guna sharing internet memakai Personal Area Network (PAN).

2. Cari Driver Bluetooth Laptop Anda

Untuk menemukan driver yang cocok, download driver bluetooth di website resmi produsen laptop Anda. Di samping itu, kita juga dapat mengunjungi sejumlah website yang menyediakan, laksana Driver Scape, Driver Identifier, atau Tech Spot. Beberapa situs tersebut ialah website penyedia driver laptop yang lumayan terkenal dan ternama. Cari driver bluetooth yang cocok dengan laptop Anda, tetapi nanti Anda melulu instal satu driver bluetooth saja. Beberapa tipe driver Bluetooth yang diluncurkan diantaranya ialah Qualcomm, Railink, dan Broadcom. Dengan menggali driver laptop di internet, kita telah mengerjakan salah satu teknik instal driver tanpa CD.

Contoh permasalahan pada laptop ASUS X450LD yang bermasalah dengan driver Bluetooth, dimana laptop ini memakai sistem operasi Windows 7. Di website resmi ASUS, mereka tidak meluangkan driver Bluetooth guna Windows 7. Sebagai alternatif, penulis mengunduh driver Bluetooth di website Driver Scape. Seperti misal di bawah ini.

Cara lain guna mendapatkan driver Bluetooth yang sesuai untuk laptop Anda ialah menggunakan sejumlah software pencari driver otomatis tanpa koneksi internet. Tentu saja, teknik ini dapat menjadi opsi Anda yang tidak mempunyai  kuota internet yang lumayan untuk mengunduh driver laptop, menilik kadang ukuran file dari driver laptop yang lumayan besar.

Setelah driver sukses didownload, kemudian install driver tersebut. Setelah selesai, tidak boleh lupa guna me-restart laptop Anda. Tujuan di-restart supaya laptop Anda dapat menyesuaikan dengan adanya peningkatan perangkat yang ditambahkan oleh kita selaku pemakai.

3. Memakai USB Bluetooth

Perangkat Bluetooth jenis USB atau yang biasa dinamakan dengan USB Bluetooth ialah cara pilihan jika pada laptop kita tidak dilengkapi dengan fitur Bluetooth. Anda dapat memberi ekstra Bluetooth sendiri dengan teknik membelinya. Jangan khawatir, harganya tak lebih dari Rp 50.000,- kok. Perangkat ini dapat dipakai guna komputer PC dan pun laptop. Keuntungan menggunakan perangkat ini merupakan, perlengkapan ini seringkali menerapkan “plug and play”, dimana Anda lumayan mencolokkan perlengkapan ini ke port USB pada laptop Anda, kemudian laptop Anda bakal otomatis mendeteksi driver perlengkapan Anda. Perangkat ini juga sesuai untuk seluruh OS, baik Windows, Linux, dan Mac.

4. Mengecek Bluetooth pada Laptop Setelah Instal Driver

Bluetooth pada laptop Anda telah terinstal? Sekarang Anda jajaki cek pop up menu bluetooth Anda, apakah sudah hadir menu Bluetooth dan opsi menunya lengkap?

Jika telah lengkap, dengan kata lain Bluetooth pada laptop Anda telah terinstal. Namun, belum tentu andai sudah terinstal, Bluetooth Anda dapat digunakan. Karena faedah Bluetooth ialah untuk trasnfer file antar perangkat, maka kini Anda coba guna menyambungkan perlengkapan lain dengan laptop Anda memakai Bluetooth. Pertama, kita klik ” Add a Device”. dan tidak boleh lupa kita aktifkan pun bluetooth di HP kita dan sinkronisasikan dengan laptop Anda.


Cara-Memasang-dan-Mengaktifkan-Bluetooth-di-Laptop-Trinity-Mobile-0201

5. Menambahkan Perangkat Bluetooth

Setelah kita klik Add a Device, maka di laptop kita akan hadir tampilan ini. Pada misal gambar di bawah, nama bluetooth HP penulis ialah Oppo R8109. Lalu klik nama bluetooth HP Anda, kemudian klik Next.


Cara-Memasang-dan-Mengaktifkan-Bluetooth-di-Laptop-Trinity-Mobile-009

6. Pairing Code

Selanjutnya, pada layar laptop kita akan hadir tampilan Compare Pairing Code, yaitu suatu kode sinkronisasi antara perlengkapan lain dengan laptop Anda. Setiap hubungan antara laptop dengan perlengkapan lain bakal selalu bertolak belakang kodenya.

Setelah kita klik Next pada tahapan sebelumnya, maka pada layar perlengkapan dan laptop kita akan hadir pop up kode sinkronisasi dari laptop. Jika telah muncul, kita pastikan kode yang hadir di kedua perlengkapan tersebut sama. Jika sama, klik Next. Setelahnya, laptop dan perlengkapan lain yang kita hubungkan telah disinkronkan.


Cara-Memasang-dan-Mengaktifkan-Bluetooth-di-Laptop-Trinity-Mobile-010

7. Perangkat Bluetooth Tersambung

Saat proses penyambungan, pada sisi kanan layar laptop kita (toolbar), akan hadir pop up balloon yang menandakan bahwa adanya perlengkapan baru yang telah siap guna digunakan. Biasanya akan tidak sedikit sekali pop up balloon yang bakal muncul. Hal tersebut sebab laptop kita sedang mengecek keterampilan transfer data yang dapat dilakukan oleh perlengkapan lain yang kita hubungkan, misalnya sebagai pemutar musik, sharing internet, dan lainnya. Pada etape ini, tunggu saja hingga proses sinkronisasinya selesai.


Cara-Memasang-dan-Mengaktifkan-Bluetooth-di-Laptop-Trinity-Mobile-011

8. Proses Penyambungan Selesai

Jika layar laptop Anda telah menunjukan jendela laksana gambar di bawah, dengan kata lain laptop Anda telah terhubung dengan perlengkapan lain memakai koneksi Bluetooth. Bacalah unsur atas dari jendela tersebut, apakah tertulis “Successfully” atau tidak. Setelah tersebut klik ikon Close di sisi kanan atas jendela.


Cara-Memasang-dan-Mengaktifkan-Bluetooth-di-Laptop-Trinity-Mobile-012

9. Atur Penggunaan Perangkat Bluetooth

Pada sejumlah driver Bluetooth, akan hadir jendela ini sesudah Anda mengklik close pada tahapan sebelumnya. Jendela ini ialah pengaturan guna mengkoneksikan laptop kita dengan perlengkapan lain memakai Bluetooth menurut keterampilan perangkat yang kita koneksikan. Jendela ini menandakan kita sudah dapat melakukan transfer sekian banyak  macam file dari laptop ke perlengkapan lain dan dan pun sebaliknya memakai koneksi Bluetooth.


Cara-Memasang-dan-Mengaktifkan-Bluetooth-di-Laptop-Trinity-Mobile-013

Selanjutnya, andai sewaktu-waktu Anda memerlukan koneksi Bluetooth, maka Anda dapat melakukan salah satu teknik menghidupkan Bluetooth di laptop yang artikelnya terdapat di situs kami ini.

Dari seluruh langkah-langkah yang sudah kami ucapkan di atas, semuanya dapat diikuti oleh seluruh tipe laptop yang diinstal OS Windows. Jika Anda memakai OS di samping Windows, Anda dapat menyesuaikan langkah-langkah di atas dengan OS yang kita pakai. Sekian tulisan kami mengenai teknik menginstal Bluetooth di laptop. Semoga tulisan kami ini dapat membantu kita dalam menginstal Bluetooth di laptop Anda.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Definition List

header ads

Unordered List

3/Sports/post-list

Support

3/random/post-list